Rekening KISPA:
Infaq Peduli Al Aqsha - PALESTINA:
Bank Muamalat Indonesia (BMI) Cabang SLIPI
No. Rek. 311.01856.22 an Nurdin QQ. KISPA
http://kispa.org

Artikel Terbaru

Popular Posts

Terbaru dari Abie Shop

BBN Ekonomis dari Minyak Kemiri

Kemiri minyak atau kemiri sunan, yang dalam Bahasa Latin disebut aleurites trisperma, bisa menjadi alternatif bahan bakar nabati (BBN) biodiesel yang ekonomis. Jika digunakan untuk menggerakkan diesel, bahan bakar dari kemiri minyak ini terbukti lebih efisien dibanding solar atau bahan bakar nabati lainnya.

Dibyo Pranowo, Peneliti Bioenergi Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), Kementerian Pertanian, di Sukabumi, Sabtu 28 Januari 2012, menjelaskan bahwa satu liter bahan bakar dari kemiri minyak ini bisa untuk menghidupkan generator selama 240 menit. Sementara itu, solar hanya selama 62 menit dan jarak pagar hanya 145 menit. "Tanaman kemiri minyak dalam satu hektar per tahun bisa menghasilkan 10-12 ton buah," ujar Hendru Nugroho, Direktur PT Bahtera Hijau Lestari (BHL), perusahaan yang bekerjasama dengan Balittri.

Dari sisi produksi, kemiri minyak lebih efisien dibandingkan dengan tanaman jarak yang bisa menghasilkan 1,5 ton, dan sawit menghasilkan 6 ton per satu hektar per tahunnya. Sementara itu, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Widjajono Partowidagdo, mendukung proyek yang dikerjakan Balittri dan PT BHL itu dalam mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil.

“Kemiri ini menjadi alternatif untuk mengurangi ketergantungan terhadap BBM, agar pemakaian BBM-nya berkurang. BBM ini menurut saya, harus dikurangi sebanyak mungkin, karena kalau kita tidak memakai BBM pada dasarnya kita tidak perlu mengurangi subsidi BBM, sudah dengan sendirinya subsidinya berkurang,” ujar Widjajono. Berdasarkan catatan Balittri, endosperma biji tanaman ini mengandung minyak dengan komposisi terdiri atas asam palimitat 10 persen, asam stearat 9 persen, asam oleat 12 persen, asam linoleat 19 persen, dan asam a-elaeostearat 51 persen.

  ©Cari Rp - Todos os direitos reservados.

Template Modifikasi Papih DuL | Topo